Sejarah Paspor di Dunia

Sejarah Paspor di Dunia

Paspor Amerika Serikat diberikan kepada warga negara dan warga negara bukan warga negara Amerika Serikat. Paspor hanya dikeluarkan oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat. Mereka memungkinkan seseorang untuk dapat melakukan perjalanan ke mana saja di Dunia. Di dalam Departemen Luar Negeri, pekerjaan penerbitan paspor diberikan kepada Unit Layanan Paspor. Divisi ini adalah bagian dari Biro Urusan Konsuler. Semua masalah paspor, seperti penggantian paspor atau pembaruan paspor, dapat dilakukan di internet.

Paspor Awal

Selama Perang Kemerdekaan, para pejabat konsuler Amerika yang memberikan paspor untuk memilih warga dari tiga belas koloni yang asli. Paspor pertama ini adalah selembar kertas kecil yang berisi deskripsi pembawa, dan hanya baik untuk tiga hingga enam bulan sekaligus. Benjamin Franklin, yang pada waktu itu menteri ke Prancis, merancang paspor Amerika pertama yang terlihat seperti paspor Prancis.

Departemen Luar Negeri

Departemen Luar Negeri bertanggung jawab untuk menerbitkan paspor hingga tahun 1789. Pada tahun itulah nama departemen diubah menjadi Departemen Luar Negeri. Mereka bertanggung jawab atas semua hubungan luar negeri, dan sampai pertengahan abad kesembilan belas, memiliki banyak tugas domestik juga. Selama Perang Dunia I memiliki dokumen yang valid menjadi persyaratan yang diberlakukan oleh perintah eksekutif. Namun, tidak ada otoritas yang pernah diberikan kepada siapa pun untuk menegakkan persyaratan itu.

Hukum Paspor

Dari 1921 hingga 1941 tidak ada persyaratan yang diperlukan untuk paspor di bawah hukum Amerika Serikat. Tidak sampai Perang Dunia II (1939-1945) bahwa Travel Control Act ditulis. Tindakan ini membuatnya ilegal untuk memasuki atau mengosongkan Amerika Serikat tanpa memiliki dokumen perjalanan yang dikeluarkan. Tindakan ini terjadi pada saat perjalanan internasional menjadi lebih utama. Baca juga: Cara Perpanjang Paspor Online

BACA JUGA  7 Tips Ampuh Menyewa Bus Pariwisata Supaya Nyaman dan Murah

Desain

Desain fisik dan isi dokumen perjalanan Amerika telah berubah beberapa kali selama bertahun-tahun. Sebagai contoh, pada tahun 1926 paspor memiliki sampul merah yang kaku. Kemudian pada tahun 1941 mereka beralih ke tutup hijau. Untuk merayakan peringatan dua abad AS pada tahun 1976, paspor diberi sampul biru. Pada 1981, Amerika menjadi negara pertama yang memiliki dokumen yang dapat dibaca mesin. Sekarang, semua paspor Amerika Serikat memiliki foto digital juga.

Memproses Paspor

Biasanya, untuk mendapatkan dokumen Amerika Serikat membutuhkan empat hingga enam minggu. Namun, ada beberapa cara untuk mempercepat proses mendapatkannya. Ada perusahaan yang dapat menawarkan ekspedisi setelah terdaftar di Program Kurir Tangan Nasional Departemen Luar Negeri. Perusahaan-perusahaan ini memiliki kode etik yang ketat. Semua karyawan mereka yang menangani aplikasi paspor harus memiliki pemeriksaan latar belakang penuh. Selain itu, perusahaan-perusahaan ini harus tetap berpegang pada pedoman untuk menjaga informasi pribadi pemohon paspor.

Amerika juga merupakan negara yang mengizinkan kewarganegaraan ganda. Karena itu, menurut hukum, dapat diterima dan memiliki paspor asing selain paspor Amerika Serikat. Untuk mengajukan paspor, atau untuk perpanjangan paspor, Anda dapat pergi ke kantor pos setempat, perpustakaan umum atau panitera pengadilan. Namun, cara tercepat untuk menangani masalah paspor online. Anda bahkan bisa mendapatkan paspor anak-anak di situs web Departemen Luar Negeri.

Tinggalkan Balasan