Perbedaan IAAS SAAS dan PAAS Dalam Istilah Dunia Startup

perbedaan iaas saas dan paas

Biasanya ada tiga konsep layanan cloud, Perangkat Lunak sebagai Layanan (SaaS), Platform sebagai Layanan (PaaS), dan Infrastruktur sebagai Layanan (IaaS). Apakah itu IaaS, SaaS, dan PaaS, masing-masing memiliki seluk beluknya sendiri, tetapi hari ini kami akan membantu Anda untuk membedakan SaaS, PaaS, dan IaaS.

SaaS – Perangkat Lunak sebagai Layanan umumnya dibebankan tergantung pada jumlah pengguna dan biaya berulang setiap bulan atau tahunan. Perusahaan memiliki pilihan untuk menambah atau menghapus pengguna setiap saat tanpa biaya tambahan. Beberapa solusi SaaS yang paling terkenal adalah Microsoft office365, SalesForce, Google Apps. SaaS menyediakan tanggung jawab untuk mengelola Server, Jaringan, dan Keamanan terkait ancaman yang didukung oleh organisasi untuk mengurangi biaya kepemilikan perangkat lunak dengan menghilangkan kebutuhan staf teknis untuk mengelola menginstal, mengelola, dan meningkatkan perangkat lunak, serta mengurangi biaya perangkat lunak lisensi.

perbedaan iaas saas dan paas

PaaS – Platform-as-a-Service, Layanan cloud, biasanya menyediakan platform tempat perangkat lunak dapat dikembangkan dan disebarkan, singkatnya, menyediakan platform untuk pengembang perangkat lunak.

PaaS mengurangi jumlah pengkodean yang diperlukan, mengotomatiskan kebijakan perusahaan dan membantu migrasi aplikasi ke cloud hybrid. Dengan PaaS, pengguna dapat mengelola server, penyimpanan, jaringan, dan sistem operasi dengan lebih baik secara umum. Semua aplikasi yang dibangun menggunakan PaaS mencakup karakteristik cloud, seperti skalabilitas, ketersediaan, dan multi-tenancy. Selain itu, lebih cepat dan lebih murah proses pembuatan, pengujian dan peluncuran aplikasi.

PaaS memanfaatkan layanan infrastruktur dan menambahkan layanan platform perangkat lunak untuknya. Ide dasarnya adalah untuk membantu pengembang aplikasi mencapai kekuatan intinya dan menghidupkannya kembali dari berurusan dengan platform hosting aplikasi. Penyedia PaaS lebih bertanggung jawab untuk berurusan dengan server dan peran utama mereka adalah untuk memberikan klien lingkungan di mana sistem operasi dan perangkat lunak server, serta perangkat keras server dan infrastruktur jaringan, diurus. Ini membantu pengguna untuk fokus pada sisi bisnis skalabilitas, dan pengembangan aplikasi produk atau layanan mereka.

BACA JUGA  Inilah Alasan Mengapa Kalian Harus Mencintai Teknologi

IaaS – Infrastructure-as-a-Service – Layanan cloud yang memungkinkan pengguna mendapatkan akses ke infrastruktur mereka sendiri – komputer, sumber daya jaringan, penyimpanan. Ini bisa berupa sumber daya virtual tetapi bisa juga sumber daya nyata, fisik juga.

Ini adalah yang paling dasar dari penawaran layanan. Penyedia layanan harus menjaga perangkat ini atau mesin virtual termasuk semua layanan yang mereka andalkan, mis. patch jaringan, perangkat keras atau sistem operasi. Layanan dasar ini menarik untuk sejumlah penggunaan terutama untuk perangkat lunak yang sangat disesuaikan yang tidak dapat berfungsi pada PaaS atau bahkan tidak dapat dipenuhi oleh SaaS. Kerugiannya adalah bahwa untuk layanan ini pengguna harus memiliki ahli yang tepat untuk semua teknologi tingkat rendah seperti sistem operasi dan banyak lagi. Jenis layanan ini menawarkan fleksibilitas yang lebih besar untuk setiap perangkat lunak online tetapi juga menuntut lebih banyak keterampilan teknis dalam bidang yang berbeda.

Tinggalkan Balasan