Begini Cara Mengembangkan Usaha Agribisnis Lahan Sempit Supaya Subur

mengembangkan usaha agribisnis lahan sempit

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa di masa depan anak cucu kita akan mengalami kendala di bagian lahan atau pertanahan. Tentu saja hal itu tidak hanya berdampak pada menyempitnya tanah untuk bangunan tempat tinggal, akan tetapi juga pada lahan pertanian yang dibutuhkan untuk bertanam.

Pasti Anda akan berpikir sejenak, lalu bagaimanakah cara untuk mengembangkan dan bercocok tanam di masa depan. Jika generasi setelah Anda tidak memikirkan cara seperti ini, maka di masa depan merupakan suatu kepastian bahwa manusia tidak akan dapat menyokong daya hidup untuk mereka sendiri akibat meledaknya populasi dunia.

Tenang semua itu dapat ditanggulangi dengan menggunakan metode agribisnis yang berasal dari Jepang. Negara ini seperti yang sudah banyak diketahui bahwa hanya memiliki lahan yang jumlahnya sangat sempit.

mengembangkan usaha agribisnis lahan sempit

1.Metode Kirei Yasai

Namun sempitnya lahan tidak menghambat agribisnis Jepang untuk menyokong kebutuhan pangan masyarakat di negaranya sendiri. Metode tersebut mereka sebut dengan kirei yasai. Kirei berarti bersih dan yasai berarti sayuran. Sayuran tersebut ditanam pada bagian dalam ruangan dan tidak membutuhkan tanah sama sekali, sehingga sayur yang mereka produksi bebas dari bakteri dan bersih. Sebagai pengganti matahari mereka menggunakan sinar khusus yang sesuai dengan spektrum cahaya matahari.

Selain itu, untuk mengganti media tanah mereka menggunakan cairan khusus yang kadarnya selalu dimonitor dan terletak di rak bagian paling bawah. Seluruh tanaman tersebut ditanam pada rak yang disusun bertingkat.

Total rak ada tiga tingkat dan cairan nutrisi akan dipompa menuju ke rak paling atas nomor satu. Kemudian cairan nutrisi tersebut akan mengaliri setiap rak yang telah berisi tanaman. Sisa dari aliran di rak nomor satu akan mengalir ke rak nomor dua yang terletak di bawah rak nomor satu. Setelah itu cairan nutrisi tersebut akan mengalir ke bagian rak nomor tiga dan kembali lagi menuju ke tanki penyimpanan cairan byang berisi nutrisi. Cara ini dinilai sangat efisien digunakan untuk negara dengan lahan pertanian yang sempit.

BACA JUGA  Berkaca dari Negara Agribisnis Kopi Terbesar Di Dunia Yang Terbaik

2. Metode Vertikal Aerofarm di Amerika

Metode ini telah dikembangkan di New Jersey Amerika Serikat sejak tujuh tahun lalu dan berhasil memberikan panen sebesar 1.7 juta pond setiap tahun. Tempat ini memanfaatkan kain bekas untuk mengembangkan setiap sayur, sehingga tidak membutuhkan tanah sebagai media pertumbuhan sayur.

Kain bekas tersebut disusun secara vertikal sebanyak tujuh tingkat. Cairan nutrisi diberikan pada rak paling atas, sehingga sisa dari cairan nutrisi yang tidak terserap kain akan jatuh menetes ke rak di bawahnya. Cara ini dinilai sangat hemat air dibandingkan dengan metode konvensional.

Sinar matahari diganti dengan cahaya dari LED dan setiap tingkat dilengkapi dengan sistem udara pada setiap tingkatan rak. Sistem ini memungkinkan sayuran untuk tumbuh dengan memperoleh gas yang dibutuhkan secara cukup.

Sistem pengembangan tanaman secara indoor ini sangat memungkinkan untuk memproduksi sayur organik tanpa menggunakan pestisida sama sekali. Selain itu, mereka dapat mengontrol segala macam variabel yang mereka butuhkan seperti suhu dengan menggunakan komputer.

Sistem ini sangat memungkinkan digunakan dalam usaha agribisnis lahan sempit. Bahkan penerapannya juga mudah dan dapat dilakukan di Indonesia saat ini juga, sehingga diharapkan suatu hari nanti Indonesia tidak harus impor bahan pangan dari negara tetangga.

Potensi Penerapan Sistem Penanaman Secara Vertikal

Metode ini sangat mudah diterapkan di Indonesia, karena semua bahan yang dibutuhkan sangat mudah didapatkan dipasaran. Saat ini pembelian LED khusus sebagai pengganti cahaya matahari sudah dapat dipesan melalui internet atau pun di toko – toko elektronik.

Anda bahkan tidak memerlukan rak khusus, Anda bisa membuatnya dengan menggunakan kain tebal bekas dan memakainya sebagai tempat untuk menanam sayuran yang disusun secara bertingkat atau vertikal.

BACA JUGA  Berkaca dari Negara Agribisnis Kopi Terbesar Di Dunia Yang Terbaik

Tinggalkan Balasan